Minggu, 27 Januari 2013

Marco Borriello Paksa Juventus Bermain Imbang


Juventus tidak mendapat hadiah penalti saat pertandingan sudah memasuki injury time.

Andreas Granqvist (G), Mirko Vucinic (J) - Juventus-Genoa - Serie A
Juventus hanya mampu bermain imbang 1-1 saat menjamu Genoa dalam lanjutan Serie A Italia di Turin, Minggu (27/1) dini hari WIB.

Gol Fabio Quagliarella di menit ke-54 mampu disamakan lewat aksi Marco Borriello 14 menit kemudian. Dengan hasil ini, Bianconeri memang masih memimpin puncak klasemen sementara dengan mengumpulkan 49 poin, namun mereka berpeluang didekati Napoli dan Lazio yang hanya terpisah enam angka dengan satu pertandingan belum dimainkan.

Si Nyonya Tua langsung menekan pertahanan Genoa saat kick-off dibunyikan. Serangan mereka banyak bertumpu lewat sayap yang dikomandoi Stephan Lichtsteiner maupun Arturo Vidal. 

Sebuah peluang mereka dapatkan di awal babak pertama ini lewat Martin caceres setelah menerima umpan sepak pojok Mirko Vucinic, namun sepakannya masih melambung. Beberapa saat kemudian Claudio Marchisio juga memiliki peluang usai menerima terobosan dari Paul Pogba, namun juga belum menemui sasaran.

Tim tamu juga memiliki sejumlah peluang di babak pertama. Ciro Immobile melakukan spekulasi dengan melepaskan tendangan jarak jauh, namun masih menyamping di sisi gawang Gianluigi Buffon.

Saat pertandingan babak ini akan berakhir, Juve banyak menekan pertahanan lawan. Leonardo Bonucci nyaris mencetak gol andai sundulan kepalannya usai meneruskan tendangan bebas Marchisio tidak menyamping tipis di sisi gawang Sebastian Frey. Begitu pula aksi Quagliarella yang gagal mengonversi umpan silang Vucinic.

Tidak ada gol tercipta di babak pertama ini. Kedalaman permainan yang diperagakan pasukan Davide Ballardini membuat Juve sulit menusuk pertahanan lawan.

Juventus akhirnya bisa memecah kebuntuan di babak kedua, tepatnya pada menit ke-54. Umpan silang mendatar yang dilepaskan Lichtsteiner mampu dimaksimalkan Quagliarella. Meski sudah menecatk gol, Juve tak mengendurkan serangan.

Tertinggal, Genoa mengubah gaya permainan di sektor depan. Marco Pisano mengirim umpan langsung kepada Borriello, namun masih bisa dibaca oleh pertahanan tuan rumah.

Gol penyama kedudukan akhirnya didapat Genoa pada menit ke-68. Umpan manis Juraj Kucka mampu ditanduk Borriello sehingga berbuah gol untuk timnya.

Juventus kemudian meningkatkan tensi serangan. Empat menit setelah gol Borriello tadi, Vucinic sukses menanduk umpan silang Giovinco, dan bola sempat mengenai tangan Pisano. Wasit tidak melihat adanya pelanggaran. Beberapa saat kemudian, Frey mampu menepis tendangan mendatar  Lichtsteiner.

Pada menit ke-82, Giovinco nyaris membawa timnya unggul andai eksekusi tendangan bebasnya tidak membentur tiang gawang. Empat menit berselang, striker yang baru satu menit masuk, Stefano Beltrame, memiliki peluang lewat tendangan keras, namun bisa digagalkan Frey.

Jelang laga usai, Vucinic tampak dijatuhkan Andreas Granqvist di dalam kotak penalti Genoa, namun wasit tetap pada keputusannya kalau tidak ada pelanggaran yang terjadi. Demikian pula di saat injury time. Bek Genoa itu kedapatan melakukan handball saat menghalau umpan silang Lichtsteiner. Bukan hadiah penalti yang diterima Juve, namun justru kartu kuning yang keluar dari saku wasit M. Guida? akibat protes keras Vucinic.

Juventus gagal menambah golnya di babak kedua ini dan harus puas dengan raihan satu angka di kandang sendiri.

1 komentar: